Berita Badilag

BINTEK Kompetensi Hakim Pengadilan Agama Angkatan I 2013

Purwosusilo : Membuat Putusan Itu Ibarat Kita Mengolah Roti

fahri_elmulk | Jumat, 05 April 2013 - 11:33:37 WIT | dibaca: 975 pembaca

@ Seremonial Pembukaan Kegiatan BINTEK

Bandung | Badilag.net

Dirjen Badilag Purwosusilo mengatakan bahwa membuat putusan ibarat kita membuat Roti. Bahan-bahannya sama, cara membuatnya sama, tapi hasilnya bisa berbeda-beda.

"Membuat putusan ibarat kita membuat roti, kalau terus berlatih, hasil putusan akan semakin baik," ungkap Purwosusilo ketika membuka kegiatan Bimbingan Teknis Kompetensi Hakim Peradilan Agama (angkatan I) di Garden Permata Hotel, Bandung, Selasa malam (2/4/2013).

Ketika kita baru pertama membuat roti, hasilnya terkadang gosong, ternyata masalahnya nyala apinya kebesaran. Kadang juga terlalu manis, ternyata masalahnya kebanyakan memberi gula. Namun karena sering berlatih membuat, lama-lama rotinya akan terasa lezat sesuai dengan selera.

Demikian pula ketika seorang hakim baru pertama kali membuat putusan, hasilnya berantakan, tidak sesuai ketentuan, namun apabila sering berlatih dan sering dievaluasi hasil putusannya semakin baik.

Menurutnya, banyak cara bagi seorang hakim untuk menghasilkan putusan yang baik, salah satunya adalah dengan mengikuti pelatihan semacam bimtek.

"Dengan mengikuti bimtek, banyak manfaat yang kita perolah. Kita bisa saling bertukar ilmu, tahu pembaruan yang selama ini belum disampaikan," ujarnya di hadapan peserta bimtek.

Purwosusilo menjelaskan, bimtek ini bukan ajang untuk sekedar mendengarkan teori, namun langsung mempraktekannya sehingga para peserta lebih paham ketika menemukan masalah di lapangan. Selain itu, tujuan bimtek adalah untuk menyamakan persepsi.

"Selain mendengarkan materi, para peserta nanti lebih banyak melakukan praktek bedah berkas yang telah kita siapkan dan diminta untuk mencari dan mencatat temuan apa saja di dalam berkas," ujarnya memberi alasan.

Sementara itu, ketua panitia Arjuna dalam laporannya menyampaikan bahwa peserta kegiatan ini adalah para hakim tinggi perwakilan dari 29 pengadilan tingkat banding. "Para peserta semuanya berjumlah tiga puluh orang perwakilan dua puluh sembilan PTA, dua diantaranya dari PTA Bandung," ujar Arjuna.

Selain itu, Arjuna menjelaskan bahwa narasumber dalam kegiatan ini terdiri dari unsur MA, Ditjen Badilag, Badan Pengawasan dan PTA. "Metedologi yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab, diskusi dan praktek," jelasnya.

Perlu diketahui bahwa kegiatan yang diselenggarakan oleh Ditjen Badilag ini akan dilaksanakan sampai hari jumat besok dengan pembiayaan berasal dari DIPA Ditjen Badilag tahun 2013.

Sumber : badilag.net


Video Terkait:










Komentar Via Website : 3
Cara Menghilangkan Keputihan
22 Januari 2014 - 08:05:31 WIB

Webnya lumayan bagus, kunjungi web saya ya
Cara Menghilangkan Keputihan >> http://goo.gl/mcGwKC
Crystal X >> http://crystalx-online.com
Obat Tumor Kista Alami
25 Mei 2015 - 10:38:38 WIB
Selamat siang admin.. semngaat untuk hari senin yang akan melelahkan, Terimakasih untuk semua beritanya sukses selalu buat admin.. senang bisa berkunjung kesini
http://obatherbalasma.com/151/obat-tumor-kista-alami/ r
Obat Penyakit Lupus Herbal
27 Mei 2015 - 15:31:31 WIB
sangat bermanfaat informasinya .... banyak pelajaran yang bisa di ambil dari
artikel ini. sukses selalu buat anda. Semangat pagi !
http://goo.gl/i52ZK0



Obat Kanker Darah Leukimia Herbal >> http://goo.gl/0x7oZb

Obat Nyeri Haid Herbal >> http://goo.gl/ea20oW

Obat Penyakit Asma Herbal >> http://goo.gl/X25C7c

Obat Penyakit Epilepsi Herbal >> http://goo.gl/zLFju3

Obat Malaria Herbal >> http://goo.gl/X96dFk

Obat Radang Amandel Herbal >> http://goo.gl/7z6enF

Obat Kanker Tenggorokan Herbal >> http://goo.gl/13GQYA

Obat Kanker Lidah Herbal >> http://goo.gl/gJtS6h

Obat Kanker Kulit Herbal >> http://goo.gl/z5aVKs

Obat Kanker Prostat Herbal >> http://goo.gl/RWnRy1

Obat Penyakit Glaukoma Herbal >> http://goo.gl/oljhtm

Obat Infeksi Saluran Kemih >> http://goo.gl/zcxBHf

Obat Penyakit Stroke Herbal >> http://goo.gl/KeZwHb




Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)